PENGANTAR OSEANOGRAFI ( Kondisi Oseanografi di Desa Sungai Dua Laut Kecamatan Sungai Loban Kabupaten Tanah Bumbu)

Pengantar Oseanografi

          Oseanografi berasal dari bahasa Yunani oceanos yang berarti laut dan graphos yang berarti gambaran atau deskripsi juga disebut Oseanologi atau Ilmu Kelautan adalah cabang dari ilmu bumi yang mempelajari segala aspek dari samudera dan lautan. Secara sederhana Oseanografi dapat diartikan sebagai gambaran atau deskripsi tentang laut. Dalam bahasa lain yang lebih lengkap, Oseanografi dapat diartikan sebagai studi dan penjelajahan (eksplorasi) ilmiah mengenai laut dan segala fenomenanya. Laut sendiri adalah bagian dari hidrosfer. Seperti diketahui bahwa bumi terdiri dari bagian padat yang disebut litosfer, bagian cair yang disebut hidrosfer dan bagian gas yang disebut atmosfer. Sementara itu bagian yang berkaitan dengan sistem ekologi seluruh makhluk hidup penghuni planet Bumi dikelompokkan ke dalam biosfer.
     
       Oseanografi adalah bagian dari ilmu kebumian atau earth sciences yang mempelajari laut, samudra beserta isi dan apa yang berada di dalamnya hingga ke kerak samuderanya. Secara umum, Oseanografi dapat dikelompokkan ke dalam 4 (empat) bidang ilmu utama yaitu: Geologi Oseanografi yang mempelajari lantai samudera atau litosfer di bawah laut; Fisika Oseanografi yang mempelajari masalah-masalah fisis laut seperti arus, gelombang, pasang surut dan temperatur air laut; Kimia Oseanografi yang mempelajari masalah-masalah kimiawi di laut, dan yang terakhir Biologi Oseanografi yang mempelajari masalah-masalah yang berkaitan dengan flora dan fauna atau biota di laut.

     Kondisi Oseanografi  di Desa Sungai Dua Laut Kecamatan Sungai Loban Kabupaten Tanah Bumbu dapat simpulkan sebagai berikut :
a.    Parameter Fisik
1.      Gelombang
    Gelombang di Desa Sungai Dua Laut dipengaruhi oleh angin yg berhembus dari Tenggara, Timur dan Selatan. Pada pagi dan siang hari kondisi gelombang terlihat cukup rendah, sedangkan pada sore dan malam hari tinggi gelombang meningkat dikarenakan hembusan angin laut yg kuat.
2.      Pasang Surut
           Tipe pasang surut air laut di Desa Sungai Dua Laut ialah pasang surut condong harian ganda (semidiurnal tide), dalam satu hari bisa terjadi dua kali pasang dan dua kali surut tetapi tinggi periodenya berbeda. Kondisi ini dikarenakan terjadinya pendangkalan pada muara sungai akibat proses sedimentasi.
3.     Arus
        Kondisi arus di Desa Sungai Dua Laut dipengaruhi langsung oleh gelombang dan arus yg berasal dari Pulau Jawa dikarenakan posisinya yg berseberangan.
b.    Parameter Kimia
       Desa Sungai Dua Laut memiliki kondisi parameter kimia contohnya seperti pH kisaran + 6 - 7 dan kecerahan berkisar + 2 - 3 meter.
c.    Parameter Geologi
      Kondisi geologi di Desa Sungai Dua Laut yg merupakan pantai bertebing sangat besar dipengaruhi peristiwa abrasi dan erosi yg membentuk pantainya.
d.    Parameter Biologi
     Kondisi bentik dan bentos di Desa Sungai Dua Laut cukup beragam seperti plankton yang melimpah. Nekton yang terdapat disana yaitu: ikan bream, ikan kepe-kepe, rajungan, kepiting, cumi-cumi, udang, aneka kerang, ubur-ubur dan sebagainya. Desa Sungai Dua Laut memiliki ekosistem mangrove, padang lamun, dan terumbu karang.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

INSTRUMENTASI KELAUTAN