Bentuk Permukaan Daratan dan Lautan 

Dimuka bumi yang begitu luas ini tentunya memiliki bermacam-maca bentuk muka bumi dan itu semua ternyata memiliki ciri khas masing-masing, maka dari itu say akan membahas artikel tentang Bentuk Daratan Dan Lautan sebelumnya mari kita simak pengertia dari Bentuk muka bumi.
Bentuk permukaan bumi tentunya tidak tetap. Perubahan ini disebabkan dikarenakan adanya tenaga endogen dan tenaga eksogen. Kedua bentuk tenaga ini adalah tenaga tektonik yang mempengaruhi bentuk relief permukaan bumi dari masa ke masa. Bumi memiliki dua jenis bentuk permukaan, yaitu relief permukaan bumi daratan dan relief permukaan bumi lautan.
1. Bentuk Permukaan Bumi Daratan


Daratan yaitu suatu wilayah yang berada di atas permukaan bumi. Relief permukaan bumi daratan dapat dilihat secara langsung. Keanekaragaman bentuk permukaan bumi daratan sangatlah banyak bahkan keanekaragaman bentuk ini mengakibatkan perbedaan budaya dan bahasa di muka bumi ini. Ada berbagai macam bentuk – bentuk permukaan bumi daratan, di antaranya adalah:
a. Pegunungan
Pegunungan yaitu kumpulan gunung – gunung yang saling berdekatan atau sering disebut dengan gugusan beberapa gunung. Pegunungan memiliki dua kelompok jenis pegunungan, yaitu pegunungan tinggi yang ketinggiannya mencapai lebih dari 15. 00 meter di atas permukaan laut dan pegunungan rendah yang berketinggian mencapai 500 – 15.00. Contoh pegunungan yang sangat tinggi dan panjang yaitu pegunungan alpen saking tingginya pegunungan ini sampai memisahkan benua Asia dan Eropa.

b. Gunung
Gunung yaitu permukaan bumi yang berbentuk menonjol dan menjulang tinggi. Gunung memiliki selalu memliki puncak, lereng dan kaki gunung. Gunung memiliki dua jenis, yaitu gunung aktif yang disebut dengan gunung berapi dan gunung tidak aktif. Contoh gunung tertinggi yang ada di bumi ini adalah Gunung Everest di Nepal.

c. Bukit/Perbukitan
Bukit atau perbukitan yaitu wilayah yang memiliki ketinggian antara 200 – 500 meter di atas permukaan laut. Bentuk perbukitan ini hampir sama menyerupai bentuk pegunungan, akan tetapi pegunungan memiliki ketinggian yang lebih rendah. Dan di sekitar perbukitan biasanya terdpat sebuah wilayah yang landai dan subur yang disebut dengan lembah.
2. Bentuk Permukaan Bumi Lautan

Permukaan lauatan yaitu wilayah yang ditutupi oleh perairan. Bentuk permukaan air laut tidak bisa dilihat secara langsung dengan kasat mata melalui daratan karena letaknya yang sangat dalam didasar lautan. Akan tetapi, bentuk permukaan laut sebenarnya hampir sama dengan bentuk pada permukaan di daratan bedanya bentuk permukaan laut ini memiliki istilah yang berbeda. Berikut ini adalah jenis – jenis permukaan bumi lautan :
a. Dangkalan/Paparan Benua
Dangkalan yaitu permukaan luat yang luas dan berkedalaman kurang dari 200 meter. Relief ini adalah kepanjangan dari daratan pulau atau benua. Contoh paparan atau dangkalan yaitu : dangkalan sunda dan Dangkalan Sahul.
b. Ambang laut
Ambang laut yaitu permukaan daratan laut dangkal yang berfungsi sebagai pemisah dua buah lautan dalam. Contoh ambang laut yaitu: Ambang laut sulu dan Ambang Gibraltar.
c. Punggung laut
Punggung laut yaitu bentuk permukaan laut yang hampir mirip dengan bukit. Bedanya yaitu Punggung laut tidak muncul hingga ke permukaan laut.
d. Gunung laut
Gunung laut yaitu permukaan bumi yang muncul kepermukaan laut yang berasal dari dalam lautan. Sama seperti gunung yang berada di daratan, gunung lautpun ada yang aktif dan ada pula yang telah mati.

e. Pualu Karang
Pulau karang yaitu bentuk permukaan laut yang bentuknya seperti pulau dan terdiri dari batuan karang yang sangat banyak. Batuan karang ini berasal dari binatang-binatang karang laut yang telah mati dan bertumpuk menjadi satu.
f. Lubuk laut (beken)
Lubuk laut atau beken adalah permukaan laut yang memiliki bentuk seperti cekungan besar, dan lebar yang sangat dalam, seperti baskom cekungan ini sangat berbahaya dan bisa terdapat binatang laut yang berbahaya.
g. Palung laut (trog)
Palung laut bisa disebut dengan trog merupakan permukaan laut yang paling dalam di lautan. Trog memiliki bentuk yang sempit, gelap dan memanjang ke bawah menyerupai huruf V. Contoh palung laut yaitu : Palung mindanau dan Palung Mariana.
Itulah sedikit penjelasan tentang Macam-Macam Bentuk Daratan dan Lautan mungkin masih banyak lagi bentuk muka bumi yag lainnya yang tidak dapat saya jelaskan di artikel ini, mungkin bisa menjadi referensi dan semoga bermanfaat terimakasi


Komentar

Postingan populer dari blog ini

INSTRUMENTASI KELAUTAN

PENGANTAR OSEANOGRAFI ( Kondisi Oseanografi di Desa Sungai Dua Laut Kecamatan Sungai Loban Kabupaten Tanah Bumbu)